Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Firewall dan Apakah Firewall itu

Firewall dan Apakah Firewall itu

PENGERTIAN FIREWALL 

Definisi dasar dari firewall sendiri adalah komponen atau satu kelompok komponen yang mengatur akses antara internal jaringan ( jaringan yang dilindungi ) dengan eksternal jaringan (internet) atau antara beberapa kumpulan jaringan.
Firewall dapat berupa solusi hardware dan software yang membatasi akses dari jaringan internal ke internet atau sebaliknya. Firewall dapat juga digunakan untuk memisahkan dua atau lebih bagian jaringan lokal. Firewall merupakan suatau cara yang efektif untuk melindungi jaringan dari ancaman atau gangguan lewat jaringan. Selain itu firewall dalam jaringan komputer membatasi dan menjaga kerusakan pada satu bagian jaringan agar tidak menyebar kebagian lain jaringan.
Selain pengertian dasar firewall tersebut, perlu juga diketahui istilah-istilah yang sering muncul berkaitan dengan pengguaan firewall. 
    Firewall dan Apakah Firewall itu ,Firewall, Apa Firewall itu, host,Bastion host, Primeter network, Packet filtering
  • Host: adalah suatu sistem komputer yang terhubung pada suatu jaringan.
  • Bastion host : adalh sistem komputer yang harus memiliki keamanan yang tinggi karena sistem ini rawan sekali terhada serangan hacker dan cracker, karena biasanya mesin ini di ekspor ke jaringan luar (internet) dan merupakan titik kontak utama para user dari internal jaringan. 
  • Packet filtering : adalah aksi dari suatu alat/device untuk mengatur secara selektif alur data yang melintasi suatu jaringan. Packet filter dapat memblok atau memperbolehkan suatu paket data yang melintasi jaringan tersebut sesuai dengan kebijakan alur data yang diguakan (scurity policy).
  • Primeter network : adalah suatau jaringan tambahan yang terdapat diantara network yang dilindungi dengan network eksternal, untuk menyediakan layer tambahan dari suatu sistem scurity. Primeter network juga sering disebut DNZ (De-Militariezed Zone). 

Tentang Firewall 

Secara umum, firewall biasanya menjalankan fungsi : 
  • Analisa dan filter packet. Data yang dikomunikasikan lewata portokol internet, dibagi atas paket-paket. Firewall dapat menganalisa paket ini, kemudian memperlakukan sesuai kondisi tertentu. Misal ada paket A maka akan dilakukan B. Untuk filter paket, dapat dilakukan di linux tanpa program tambahan. 
  • Bloking isi dan protokol. Firewall dapat melakukan bloking terhadap isi paket, misalnya berisi applet Jave, activeX , VBScript, Cookie, dan lain-lain. 
  • Autentikasi koneksi dan enkripsi. Firewall pada umumnya memiliki kemampuan untuk menjalankan enkripsi dalam autentikask identitas user, integritas dari suatu session, dan melapisi transfer data dari intipan pihak lian yang tidak bertanggung jawab. Enkripsi yang di maksud termasuk DES, Triple DES, SSl, IPSEC, SHA, MD5, BlowFish, IDEA da sebagainya.
Firewall secara umum diperuntukkan untuk melayani : 
  1. Mesin/computer.Setiap individu yang terhubung langsung kejaringan luar atau internet dan menginginkna semua yang terdapat pada komputernya terlindungi. 
  2. Jaringan.Jaringan komputer yang terdiri dari satu buah komputer dan berbagai jenis topologi jaringan yang digunakan, baik yang di milik perusahaan, organisasi dan sebagainya. 

lanjut ke part 2



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg