Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Definisi Local Area Network (LAN)

Definisi Local Area Network (LAN)

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Local Area Network,LAN,Server,Workstation,Link,Network Interface Card,Network SoftwareBerbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. 

Komponen-komponen Dasar LAN : 

  • Workstation, merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer. 
  • Server, Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan danworkstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumberdaya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendakdigunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada danbekerja pada server. 
  • Link, Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebutsecara fisik tidak terhubung.. 
  • Network Interface Card (NIC), Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringanataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yangdirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal denganNetwork Interface Card (NIC).
  • Network Software, Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerjasebagaimana yang dikehendaki.

Keuntungan dan Kerugian di Jaringan LAN

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN. File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin. sehingga File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol, Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat dan Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

lihat juga :



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg