Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Definisi dan fungsi Uniform Resource Locators (URL)

Definisi dan fungsi Uniform Resource Locators (URL)

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.
Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.
Definisi dan fungsi Uniform Resource Locators (URL)URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan. Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu : 
  • Protokol, 
  • Alamat Server
  • Path File. 
Bagian pertaman URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https://. Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol. Bagian kedua URL menunjukkan alamat server dimana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.bukucatatan.web.id. Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokument atau program dalam server tersebut, misalnya: /2013/11/firewall-dan-apakah-firewall-itu.html. di mana /2013/11/ adalah lokasi file dan firewall-dan-apakah-firewall-itu.html adalah nama berkas.
Ada dua tipe URL yang dapat digunakan, yaitu:
  • Absolute URL (URL Absolut), merupakan alat lengkap yang menyertakan domain pada jaringan yang tepat, direktori di dalam domain, dan file di dalam direktori.
  • Relative URL (URL Relatif), menentukan suatu alamat berdasarkan URL yang aktif pada saat itu.
Fungsi URL (Uniform Resource Locator) 
  1. Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di web. 
  2. Pemberian alamat pada setiap web yang berisi dokumen. 
  3. Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui website. 
  4. Untuk memberikan penamaan terhadap suatu file/dokumen pada website. 
  5. Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat website.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg