Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

GIMP aplikasi gratis untuk editor fotografi

GIMP aplikasi gratis untuk editor fotografi

GIMP aplikasi gratis untuk editor fotografi
GIMP adalah kependekan dari GNU Image Manipulaton Program yang dikembangkan dan didistribusikan secara gratis pada platform Linux. Program aplikasi pengolah bitmap dan digital imaging GIMP dapat dikatakan paling populer digunakan oleh pengguna komputer dengan sistem operasi ( sistem operasi) Linux. Program GIMP ditulis oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball. Versi GIMP pertama kali adalah 0.54 yang dikeluarkan pada tahun 1996. GIMP digunakan oleh peminat dan praktisi desain grafis yang menggunakan sistem operasi Linux untuk mengolah dan memanipulasi gambar atau foto sesuai dengan kebutuhan kreatif. Program GIMP disediakan secara default hampir diseluruh distribusi Linux, mulai dari Slackware, Mandrake, Red Hat, Suse, dan sebagainya. GIMP telah mengalami penyempurnaan dari versi sebelumnya, menjadi lebih mudah dalam mengoperasikannya. Salah satu contoh yaitu adanya perubahan ukuran kuas yang kini dibuat lebih fleksibel, dan adanya tambahan menu warna.
Salah satu fitur terpenting GIMP adalah bisa jalan disemua sistem operasi komputer, baik Windows, Mac atau Linux. Aplikasi ini bahkan bisa diinstall di USB drive dan menjadi aplikasi portabel. Anda bisa download disini

 

Fitur-fitur GIMP 

GIMP bisa membaca hampir semua format file: dari standar JPG sampai PSD, kita juga bisa memanfaatkan plug in untuk menambah kompatibilitas dengan format file lain. GIMP juga memiliki sederet fitur dasar: cropping, rotasi, adjustment warna. Fitur penting lain yang kita jumpai di Photoshop juga tersedia disini: curve adjustment, hue saturation, sharpening, channel mixing, layer masking, clone stamp, healing brush dan level.
Secara filosofi fungsi, GIMP tidak berbeda jauh dari Photoshop. Hanya mungkin karena dia merupakan aplikasi open source yang dibuat banyak orang secara gotong royong, kesan kurang rapih dan kurang halus muncul. Bagi anda yang ingin mencobanya, sedikit kesabaran, mau membaca manual dan suka otak-atik akan banyak membantu karena memang butuh adaptasi dan kurva pembelajaran yang baru. Oke selamat mencoba, tidak ada salahnya toh gratis.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg