Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Fungsi dan tujuan sistem operasi

Fungsi dan tujuan sistem operasi

Komputer pada dasanya adalah mesin, barang/ benda mati. Sehingga, komputer perlu di beri nyawa berupa listrik, tetapi walupun sudah diberi nyawa, bukan berarti komputer langsung dapat berkerja. Oleh karena itu, komputer yang sudah bernyawa tersebut perlu diberi “perintah” dan “pengetahuan”.
Karena perintah yang dikenal komputer adalah bahasa mesin, maka diperlukan sebuah “mediator” penghubung antara manusia dengan komputer, karena jika manusia ingin mendapat manfaat dari mesin(komputer), manusia harus memahami bahasa yang di mengerti oleh kompter. Mendapat kesepahaman inilah yang menjadi tugas dari sistem operasi
Fungsi dan tujuan sistem operasiSistem operasi (operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer.
Fungsi dan tujuan sistem operasi adalah mengontrol eksekusi program-progaram aplikasi dan juga interface antara pengguna komputer dan hardware komputer. Namun secara umum sistem operasi memiliki tujuan dasar:
  1. Efisiens
    Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer digunakan dengan cara yang sangat efisien.
  2. Kemudahan
    Sistem operasi membuat komputer lebih mudah di pakai.
  3. Kemampuan berevolusi
    Sistem operasi harus disusun sedinamis mungkin sehingga memungkinkan pengembangan yangefektif, pengujian, dan penerapan fungsi-fungsi sistem baru tanpa mengganggu layanan yang telah ada.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg