Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Khasiat dan manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat cabai merah
Siapa yang tak kenal dengan cabai merah? Meski tak dikonsumsi langsung, cabai merah dikenal sebagai bumbu yang tak asing untuk masakan di Indonesia. Selama ini cabai merah hanya dikenal karena rasa pedasnya yang dahsyat dan menampar lidah. Tak banyak orang yang tahu bahwa cabai merah memiliki khasiat tersembunyi. Namun terkadang banyak orang yang berasumsi jika memakan banyak cabai akan tidak baik untuk kesehatan, terutama perut kita, oleh karena itu di sini kami mencoba untuk memberikan informasi mengenai Manfaat cabaiYang Wajib Anda Tau.

Klasifikasi Ilmiah Cabe Merah

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi              : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Asteridae
Ordo                : Solanales
Famili              : Solanaceae (suku terung-terungan)
Genus              : Capsicum
Spesies            : Capsicum annum L.
Salah satu khasiat cabai merah yang tak pernah diketahui sebelumnya adalah kemampuannya menangkal katarak. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa cabai merah memiliki kemampuan untuk menangkal penyakit mata, seperti katarak. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dan karoten yang berlimpah pada cabai merah. berikut beberapa manfaat sehat dari si rempah cabai merah ini: 
  1. Cabai merah untuk melawan radang.
    Telah lama terbukti bahwa Cabe merah memang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. sebagai salah satu bahan dapur, cabai merah dapat membantu sebagai salah satu bahan yang dapat melawan radang. Salah satu zatyang disebut zat kapsaisin ternyata ditemukan di dalam cabai merah mampu menghambat neuropeptida yang dapat membantu untuk mengobati peradangan. Obat dalam bentuk salep atau krim yang mengandung kapsaisin ternyata mampu mengobati nyeri rematik atau nyeri sendi tubuh.
  2. Cabai merah dapat membantu melegakan pernapasan
    Ada kabar yang menyebutkan bahwa jika seseorang yang sedang mengidap penyakit flu atau influenza lalu memakan makanan yang pedas akan membantu untuk memebrikan efek yang melegakan. Hal ini dikarenakan cabai merah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan dapat membantu merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernafasan). Hal ini dapat membantu membersihkan hidung yang tersumbat dan adanya sinus. Dengan mengonsumsi cabai merah akan membantumembersihkan lendir yang terdapat di paru-paru hingga hidung. 
  3. Cabai merah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh
    Kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B yang terdapat dalam cabai merah ternyata membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang kita miliki dapat melindungi kita dari berbagai penyakit yang tentunya tidak baik untuk tubuh kita. Vitamin A sendiri ternyata dapat membantu kita untuk menangkal adanya infeksi seperti infeksi paru-paru, infeksi saluran hidung, infeksi saluran kandung kemih, dan infeksi saluran pencernaan.
  4. Cabai merah dapat membantu untuk menjaga berat badan<
    Ketika seseorang mengonsumsi cabai merah pastilah hasil akhir dari yang dirasa adalah kondisi tubuh yang terasa panas. Hal ini dikarenakan cabai merah memiliki efek termogenik atau produksi panas dalam tubuh kita yang mempunyai kesamaan dengan kita berolahraga. Selain itu, ternyata cabai merah dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolism tubuh kita. 
  5. Cabai merah dapat membantu kita dari perlindungan penyakit kanker
    Penelitian mengenai khasiat cabe merah telah menyebutkan bahwa, cabai merah mampu mengobati radang. Akan tetapi kandungan zat kapsaisin pada cabai merah ternyata mampu mencegah adanya penyebaran sel-sel kanker prostat.
  6. Mencegah katarak Dengan Cabai Merah
    Dalam penelitian yang melibatkan berbagai bahan makanan, cabai merah merupakan salah satu bahan makanan yang membantu mengurangi resiko terkenan katarak. Hal ini karena peran dari vitamin C dan karoten yang hadir dalam cabai.
  7. Manfaat Cabai Mencegah penyakit jantung dan penggumpalan darah
    Serangan jantung menjadi penyakit yang banyak diderita karena gaya hidup yang tidak sehat. Kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita dapat kita turunkan dengan mengonsumsi cabai merah sebagai salah satu bahan dapur untuk memasak makanan kita. Cabe merah memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko serangan jantung dan mencegah penggumpalan darah bila dimakan dalam beberapa bentuk penyajian yang tepat. 
Demikian beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat cabai merah. Dengan mengonsumsi cabai merah bukan hanya membantu menyedapkan masakan kita akan tetapi dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, tetaplah menjaga porsi dari konsumsi cabai merah itu sendiri agar tidak menyebabkan efek negative yang malah dapat menyebabkan penyakit.

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg