Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Manfaat dan Khasiat bawang merah untuk kesehatan dan rambut

Manfaat dan Khasiat bawang merah untuk kesehatan dan rambut

Manfaat dan Khasiat bawang merah untuk kesehatan dan rambut
Bawang merah menambah daftar panjang bumbu masak yang dapat dijadikan obat tradisional. Umbi yang dihasilkan tanaman ini digunakan oleh manusia sebagai bumbu masakan. Ada yang dihaluskan bersama bumbu lainnya maupun dijadikan bawang goreng sebagai pewangi dan penyedap masakan.
Namun perlu diingat untuk tidak menyimpan irisan bawang merah lebih dari satu hari, karena bawang merah yang sudah dipotong merupakan tempat berkembang biaknya bakteri meskipun disimpan di lemari pendingin. Jadi, kalau bawang merah sudah diiris harus digunakan saat itu juga atau buang saja.

Klasifikasi ilmiah bawang merah

Kingdom          : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom     : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                : Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas         : Liliidae
Ordo                 : Liliales
Famili               : Liliaceae (suku bawang-bawangan)
Genus               : Allium
Spesies             : Allium cepa var. aggregatum L. 

Kandungan Bawang Merah:

  • flavonglikosida (berfungsi sebagai antiradang, pembunuh bakteri, dan menurunkan panas)
  • protein
  • lemak
  • kalsium
  • fosfor
  • Vitamin B1 dan C.
Nah Sekarang mari kita langsung saja melihat Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan Kulit di Bawah ini. 

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Seperti bawang putih, selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan ramuan bawang merah:

1. Menyembuhkan sembelit

Serat yang dikandung bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika Anda menderita sembelit, jangan segan untuk makan bawang merah mentah.

2. Mengontrol diabetes

Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Jadi, jika Anda menderita diabetes, perbanyak konsumsi salad bawang secara teratur.

3. Menurunkan kolesterol

Bawang merah juga menjaga kolesterol baik dalam darah yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung. Penelitian dilakukan para ilmuwan Hong Kong yang memberikan bawang merah yang telah dihancurkan pada hamster yang mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Bawang juga dikenal sebagai obat ayurveda saat mengalami batuk dan sakit tenggorokan. Haluskan bawang, seperti membuat jus lalu tambahkan sedikit jahe dan madu.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan sulfur pada bawang yang tinggi dapat melindungi tubuh kita dari pembesaran usus. Ini juga termasuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru paru dan kanker prostat. Bawang juga dipercaya dapat menyembuhkan gangguan saluran kemih.

6. Mengatasi wasir

Menurut penelitian, bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur akibat wasir atau ambeien. Dengan mengonsumsi tiga kali sehari, rasa nyeri dan perdarahan pada anus akan hilang.

Khasiat Bawang Merah untuk Rambut

Jika anda punya masalah dengan kesehatan rambut seperti rambut rontok dan ketombe, maka bawang merah bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah rambut anda sekaligus menyuburkan rambut.

1. Mengobati rambut rontok. 

Ini adalah salah satu khasiat dari bawang merah. Bawang kaya akan sulfur, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Siapkan ramuan dengan cara membuat jus bawang merah terlebih dahulu. Pijatlah kulit kepala dengan hot coconut oil selama 30 menit, sebelum mengoleskan jus bawang untuk membuka pori-pori kulit kepala. Lalu, tutup rambut Anda dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

2. Menumbuhkan rambut

Memijat kulit kepala Anda dengan jus bawang dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengakibatkan pertumbuhan rambut baru. Sulfur dalam bawang merah tidak hanya mengurangi rambut rontok, tetapi juga menginduksi pertumbuhan rambut. Campurlah jus bawang merah dengan coconut oil dan pijat kulit kepala. Biarkan selama 40 menit dan kemudian bilas dengan sampo ringan.

3. Menyembuhkan infeksi kulit kepala

Gunakan jus bawang merah untuk menyembuhkan infeksi kulit kepala. Infeksi jamur dapat merusak rambut Anda dan juga menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Selain mengobati infeksi kulit kepala, bawang merah juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.

4. Mengatasi ketombe

Anda juga bisa menyingkirkan ketombe dengan jus bawang merah. Campur jus bawang dengan lemon, dadih, dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan pada rambut Anda dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan sampo anti-ketombe ringan untuk menyingkirkan ketombe secara alami.

Oke, semoga artikel mengenai manfaat bawang merah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Jangan lupa selalu sediakan bawang merah di rumah.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg