Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Manfaat dan khasiat si bintang manis, belimbing untuk kesehatan

Manfaat dan khasiat si bintang manis, belimbing untuk kesehatan

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah yang mudah ditemui seperti di pekarangan rumah ini ternyata berasal dari negeri yang cukup jauh. India dan Srilanka merupakan rumah utama dari buah yang menyerupai bentuk bintang ini. Buah belimbing mempunyai julukan sebagai star fruit, hal ini dikarenakan bentuk dari buah tersebut setelah dipotong-potong kecil akan menyerupai bentuk bintang.
Beberapa kandungan gizi atau nutrisi pada buah yang memiliki bentuk khas, unik, seperti bintang ini bermacam - macam. Salah satunya adalah vitamin C, kandungan yang paling dominan pada buah ini. Vitamin lain yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, dan E meskipun jumlahnya tidaklah banyak. Selain itu, beberapa kandungan lain seperti serat, potassium dan magnesium juga terdapat di dalamnya.
Untuk lebih jelasnya, Kandungan nutrisi buah belimbing per 140 g, vitamin C 30 mg, karbohidrat 10.5 gram, Serat 3.5 gram, Kalori 45, Protein: 0.7 gram, dan Lemak: 0.45 gram

Klasifikasi buah belimbing manis

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas         : Rosidae
Ordo                 : Geraniales
Famili               : Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus               : Averrhoa
Spesies             : Averrhoa carambola L. 
Manfaat dan khasiat si bintang manis, belimbing untuk kesehatan

 

Khasiat buah belimbing 

Berdasarkan beberapa kandungan nutrisi yang sudah di uraikan , buah yang jika sudah matang akan berwarna kuning kehijauan ini memiliki beberapa manfaat atau khasiat bagi tubuh kita jika kita mengkonsumsinya. Beberapa diantaranya adalah :
  1. Buah yang cocok dimakan saat diet karena rendah kalori
    Buah dari tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Konon menurut sumber yang Ubul baca, pada tiap 100g buah belimbing hanya menghasilkan 31 kalori, dimana hal ini menunjukkan bahwa buah belimbing memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah daripada buah - buahan tropis lainnya. Jadi buah ini sangat tepat dikonsumsi disaat cuaca sedang panas untuk menyegarkan tenggorokan, tanpa perlu khawatir berat badan anda akan bertambah drastis.
  2. Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh
    Selain rendah kalori, buah belimbing juga kaya akan vitamin C, seperti yang sudah Ubul tuliskan diatas. Seperti yang kita ketahui, vitamin yang identik dengan rasa asam ini sangat berguna untuk membantu menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat dan fit. Vitamin ini juga berperan penting pada proses regenerasi atau untuk mempercepat penyembuhan. Vitamin C juga berperan sebagai anti oksidan alami yang gunanya adalah untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel - sel dalam tubuh kita.
  3. Buah yang baik untuk kesehatan pencernaan
    Buah yang menjadi icon kota Depok, Jawa Barat ini memiliki lapisan kulit berupa lilin yang jika dimakan akan memberikan asupan serat makanan yang baik. Seperti yang kita ketahui, serat dikenal sangat baik untuk kelancaran dan kesehatan penernaan kita. Namun bukan itu saja, serat juga dipercaya mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL makanan yang terjadi di dalam usus, meskipun bagi orang yang menderita kolesterol tinggi TIDAK DIANJURKAN untuk memakannya
  4. Buah Belimbing bermanfaat untuk kecantikan Wajah
  5. tentu saja hal ini di karenakan buah belimbing manis ini mempunyai kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah, menyegarkan dan Menyejukan wajah.Selain itu juga kandungan mineral yang terdapat pada Buah belimbing manis ini dapat mengurangi kelelahan kulit dan mejadikan wajah jadi tampak jauh lebih segar dari yang sebelumnya, sehingga kulit anda akan Terlihat Lebih cantik secara alami.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg