Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Mengenal manfaat dan khasiat belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L)

Mengenal manfaat dan khasiat belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L)

Kita masih akan berbicara mengenai Buah belimbing yang mana pada sebelumnya kita telah membahas dengan Tuntas mengenai Manfaat Buah belimbing manis untuk Kecantikan maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Varian dari buah belimbing manis yakni Belimbing Wuluh, berbeda dengan belimbing Manis yang kita manfaatkan untuk Kecantikan, maka belimbing Wuluh ini dapat kita manfaatkan sebagai Obat-obatan.
Buah belimbing yang kadang sering kita kenal dengan Belimbing sayur ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Maluku yang kemudian di Kembangkan dan Tumbuh secara bebas di seluruh Indonesia, Fillifina, Malaysia, Sri Langka Serta Miyanmar.

 

Klisifikasi buah belimbing wuluh

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi     : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Rosidae 
Ordo                : Geraniales
Famili              : Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus              : Averrhoa
Spesies            : Averrhoa bilimbi L. 
Mengenal manfaat dan khasiat belimbing wuluhBelimbing wuluh atau belimbing sayur ini terkadang dianggap sebagai tanaman pekarang saja, padahal tanaman teropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagian yang bisa digunakan, yaitu buah, batang, daun, dan bunganya.
Tanaman ini memiliki berbagai kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat. Dalam farmakologi Cina tanaman ini dikenal bisa menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing.
Sekarang mari kita lihat apa saja manfaat Belimbing Wuluh ini untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:
  1. Pengobatan jerawat
    Untuk mengobati jerawat siapkan 3 buwah belimbing wuluh segar. Cuci hingga bersih. Buah diparut dan diberi sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari. Atau siapkan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang, digiling halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Ramuan ini dipakai untuk menggosok dan melumas muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.
  2. Pengobat Gondongan
    Caranya: Setengah genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagiyan gondongan. 10 ranting muda belimbing wuluh berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Barurkan ketempat yang sakit.
  3. Obat batuk
    Caranya: Daun, bunga, buah yang masing-masing sama banyaknya direbus dalam air yang mendidih selama 1/2 jam, dan minum air nya. Untuk batuk pada anak, ambilah 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari rimpang temugiring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dupotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin lalu disaring, diminum dengan madu seperlunya. sehari 3 kali 3/4 gelas.
  4. Panu
    Caranya: Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terasa panu. Lakukan 2 kali sehari.
  5. Pengobatan Diabetes
    Sementara untuk anda yang menderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing wuluh, lalu dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah, Saring, minum 2 kali sehari.
Demikian Informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk sobat misi kesehatan

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg