Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Mengenal Manfaat dan Khasiat Jahe (Zingiber officinale Rosc)

Mengenal Manfaat dan Khasiat Jahe (Zingiber officinale Rosc)

\
Siapa sih yang tidak mengenal tubuhan yang satu ini, tanaman yang terkenal karena rasa pedas dan sifatnya menghangatkan itu mengandung minyak atsiri dan masih banyak kandungan lain seperti zat besi, fosfor, kalsium dan vitamin.
Dalam kajian ilmiah, para peneliti tidak banyak menggunakan nama Jahe. Istilah ini hanya populer dalam keseharian masyarakat. Adapun nama ilmiah dari jahe ini sendiri adalah Zingiber officinale Rosc. Sementara itu, nama lain jahe dari berbagai belahan dunia anta lain Ginger (Inggris), Helia/Aliya/Halia (Melayu), Cay Gung (Vietnam), Khing (Thailand), Luya/Laya?Giya (Filipina), Jiang (China) dan Shouga (Jepang). 
Adapun klasifikasi Jahe dalam ilmu botani sebagai berikut:
Mengenal Manfaat dan Khasiat JaheKingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
Genus: Zingiber
Spesies: Zingiber officinale Rosc
Jahe terkadang di gunakan sebagai penghangat tubuh, untuk Cuaca yang seperti ini, ya cuaca yang dingin dan Musim penghujan, caranya cukup simple. Ambil jahe kemudian Kupas kulitnya, Cuci bersih, kemudian potong-potong kecil kemudian di Seduh dengan Air mendidih, Lalu minum hangat-hangat. anda akan merasakan perbedaanya.
Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat jahe untuk kesehatan tubuh manusia
  1. Melancarkan Sirkulasi Darah
    Di dalam jahe terdapat kandungan mineral yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi dara, agar sirkulasi darah dalam tubuh pengkonsumsinya bisa berjalan optimal.
  2. Jahe Sebagai Anti Virus
    Jika anda adalah seseorang yang sedang menderita sakit pilek atau flu, anda bisa jadikan jahe sebagai solusi penyakit anda dengan cara meminumnya.
  3. Mengobati Alergi
    Sifat Antihistamin yang terkandung di dalam tanaman jahe sangat baik untuk di konsumsi oleh orang yang memiliki alergi.
  4. Anti Mabuk Perjalanan
    Dengan mengkonsumsi jahe yang telah di racik menjadi sebuah minuman hangat, akan mampu menghalau mabuk perjalanan dan rasa mual
  5. Mengontrol Kadar Gula Darah Untuk Penderita Diabetes
    Para pakar kesehatan di berbagai rumah sakit ketika mendapati pasiennya menderita penyakit diabetes maka ia sangat menganjurkan kepada pasiennya untuk mengkonsumsi minuman jahe setiap pagi dengan rutin, karena hal tersebut akan mampu mengontrol kadar gula darah.
  6. Mengurangi Gejala Radang Pada Sendi
    Pada dasarnya jahe mimiliki kandungan anti inflamasi dan anti inflamasi yang terdapat pada jahe sangat baik untuk mengurangi berbagai gangguan pada sendi, seperti radang sendi (arthritis), rheumatoid dan osteoarthritis.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg