Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

mengenal sedikit tentang Fedora distro Linux

mengenal sedikit tentang Fedora distro Linux

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM (Redhat Package Manager)dan yum yang dikembangkan oleh sebuah komunitas yang diberi nama “Fedora Project” dan Fedora juga dibiyai oleh Red Hat. Proyek ini adalah hasil penggabungan antara Red Hat Linux (RHL) dan proyek Fedora Linux, pada bulan September 2003, dan secara resmi disponsori oleh Red Hat. Proyek Fedora Linux didirikan sejak Desember 2002 oleh Warren Togami, mahasiswa University of Hawaii Computer Science yang telah mengembangkan paket-paket tambahan untuk distro Red Hat Linux (RHL 8, RHL 9, FC 1, FC 2) sebelum menjadi bagian dari Fedora Project.
mengenal sedikit tentang Fedora distro LinuxNama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini.
Versi terbaru Fedora dirilis dua kali setahun. Fedora bisa didapatkan dengan gratis dan akan tetap seperti itu. Fedora merupakan kombinasi terbaik dari software yang terpercaya dan paling baru yang pernah ada dalam dunia software bebas.
Manajemen paket software secara umum ditangani oleh yum utility, Antarmuka grafis, seperti pirut dan pup juga disediakan, begitu juga dengan puplet, yang menyediakan peringatan visual di panel bila terdapat update. apt-rpm adalah alternatif dari yum, dan pengguna lebih familiar dengan perintah ini saat menggunakan Debian atau distribusi berdasarkan Debian, dimana apt digunakan sebagai paket utama. Dan juga, repositori ekstra dapat ditambah pada sistem, jadi paket yang tidak ada pada Fedora dapat dipasang juga.
Keamanan adalah salah satu fitur penting di Fedora. Salah satu fitur yang terdapat pada Fedora adalah Securtiy-Enchance Linux, fitur Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan linux, termasuk pengawasan aksess perintah, melalui Modul keamanan Linux pada Linux kernel. Fedora adalah salah satu dari distribusi yang memimpin dengan SELinux. SELinux diperkenalkan pada Fedora Core 2. tetapi ini dinonaktifkan, karena mengubah secara radikal bagaimana sistem operasi bekerja, tetapi diaktifkan lagi pada Fedora Core 3 dan diperkenalkan dengan sedikit tepat.

ayo, apa yang ditunggu lagi, kita lanjut ke situs resminya fedora klik disini


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg