Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Mengenal sekilas tentang Linux BackTrack

Mengenal sekilas tentang Linux BackTrack

BackTrack adalah salah satu distro linux yang merupakan turunan dari slackware yang mana merupakan merger dari whax dan auditor security collection. Backtrack dua dirilis pada tanggal 6 maret 2007 yang memasukkan lebih dari 300 tool security sedangkan versi beta 3 dari backtrack dirilis pada tanggal 14 desember 2007 yang pada rilis ketiga ini lebih difokuskan untuk support hardware. Sedangkan versi backtrack 3 dirilis pada tanggal 19 juni 2008 pada backtrack versi 3 ini memasukkan saint dan maltego sedangkan nessus tidak dimasukkan serta tetap memakai kernel versi 2.6.21.5. pada BackTrack 4 Final menawarkan kernel linux terbaru yaitu kernel 2.6.30.4. Sekaligus pada Rilis BackTrack 4, dapat dikatakan berpindah basis yakni dari dahulu yang Slackware menjadi berbasis Ubuntu. Dilengkapi juga dengan patch untuk wireless driver untuk menanggulangi serangan wireless injection (wireless injection attacks)
Backtrack dibuat oleh Mati Aharoni yang merupakan konsultan sekuriti dari Israel. Jadi merupakan kolaborasi komunitas. Backtrack sendiri merupakan merger dari whax yang merupakan salah satu distro Linux yang digunakan untuk tes keamanan yang asal dari whax sendiri dari Knoppix.Ketika Knoppix mencapi versi 3.0 maka dinamakan dengan whax. Whax dapat digunakan untuk melakukan tes sekuriti dari berbagai jaringan di mana saja. Max Mosser merupakan auditor security collection yang mengkhususkan dirinya untuk melakukan penetrasi keamanan di Linux. Gabungan dari auditor dan Whax ini sendiri menghasilkan 300 tool yang digunakan untuk testing security jaringan. Auditor security collection juga terdapat pada knoppix.
Mengenal sekilas tentang BackTrackMax Mosser merupakan auditor security collection yang mengkhususkan dirinya untuk melakukan penetrasi keamanan di Linux. Gabungan dari auditor dan Whax ini sendiri menghasilkan 300 tool yang digunakan untuk testing security jaringan. Auditor security collection juga terdapat pada knoppix Aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam dalam Distro ini terdiri dari banyak kumpulan aplikasi penguji keamanan seperti ; aplikasi penguji keamanan LAN, WIFI, WAN, Aplikasi penguji keamanan Website, Aplikasi penguji keamanan aplikasi seperti reverse enginering dll. sangat banyak sekali sampai-sampai saya bingung sendiri untuk belajar menggunakannya.
Backtrack sangat cocok digunakan bagi Sistem analys yang bertugas menjaga kemanan sistem informasi baik itu dalam bentuk aplikasi, jaringan ataupun website. jika digunakan oleh orang yang “kurang bertanggungjawab” backtrack bisaberubah menjadi alat yang sangat mengerikan. bayangkan jika sistem jaringan dan aplikasi perusahaan anda dipenetrasi menggunakan distro ini dan kemudian data-data penting dicuri atau bahkan dimanipulasi. Bercermin dari ilustrasi diatas, ada baiknya bagi profesional IT yang kebetulan memiliki tugas sebagai Security maintainer belajar untuk memahami dan menggunakan distro Backtrack.
Agar distro ini bisa digunakan untuk urusan hari-hari, ia juga dibekali aplikasi standar seperti browser Firefox, Konqueror dan Lynx, pembaca dokumen PDF, der Feedreader Liferea, seperti juga Multimessenger-Client Kopete dan IRC-Client XChat. Backtrack dapat langsung digunakan dari LiveDVD, USB-drive atau ditanamkan ke hardisk agar penyetelan konfigurasi pribadi dapat disimpan untuk digunakan lagi.

 

Fitur Backtrack

untuk mendapatkan  produk  dan keterangan lebih komprehensif tentang BackTrack, kita dapat mengunjungi dan mengunduhnya langsung  secara gratis disitus resmi berikut www.backtrack-linux.org .

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg