Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

WiGig tawarkan koneksi Wireless dengan kecepatan 7 Gbps

WiGig tawarkan koneksi Wireless dengan kecepatan 7 Gbps

Seiring perkembangan teknologi di dunia, jalur akses data dengan menggunakan wireless atau yang bisa disebut nirkabel akan semakin mendominasi. Hal itu ditandai dari pengembangan teknologi wireless yang sedang dilakukan oleh Wireless Gigabit Alliance (WiGig).

Wireless Gigabit Alliance baru-baru ini mengumumkan tentang rencananya untuk mengem-bangkan teknologi nirkabel yang diklaim memiliki kecepatan di atas kecepatan WiFi.
 WiFi Alliance yang merupakan organisasi pengembang teknologi tersebut telah bergabung dengan Wireless Gigabit Alliance (WiGig) untuk mencapai target tadi. Salah satu manfaat transmisi data kecepatan tinggi yakni bisa menggantikan kabel untuk mengirimkan format video HD dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Misalnya, dari Blu-ray player atau kamera langsung ke TV.
Menurut Wikipedia, yang dimaksud dengan teknologi nirkabel atau wireless adalah teknologi yang menghubungkan antara dua peranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Teknologi WiGig memang hampir sama dengan WiFi, namun format nirkabel WiGig merupakan format yang lebih padat untuk mentransmiterkan data. Dengan begitu, wajar saja jika teknologi WiGig diklaim lebih kencang dari WiFi.
 WiGig kabarnya akan memiliki kecepatan antara 1Gbps hingga 7Gbps atau sama dengan 10 sampai 70 kali lipat dibanding kecepatan WiFi. Selain itu, menurut informasi WiGig nantinya bisa digunakan untuk Display port, HDMI port dan juga PCI Ecpress data secara nerikabel.
WiGig tawarkan koneksi Wireless dengan kecepatan 7 GbpsWiGig adalah era baru dalam penggunaan teknologi komunikasi multi gigabit yang dapat mencepai transfer data 7 Gbps merupakan stadart yang ideal untuk penggunaan HD streaming yang mampu menampilkan full video 1080 pixel dari PC ke TV melalui wireless.
Teknologi WiFi terbukti andal mentransmisikan data melalui internet secara nirkabel. Kecepatannya pun makin tinggi. Walau saat ini baru hitungan Mbps atau megabit per second, ke depan kecepatannya bisa mencapai 10 kali lipat kecepatan saat ini atau dalam skala Gbps (gigabit per second).
Saat ini, sejumlah konsorsium teknologi memang tengah bahu-membahu mengembangkan teknologi serupa. Sebelumnya, kelompok lain yang menamakan WirelessHD Consortium juga mengembangkan teknologi mirip WiGig. Banyak perusahaan yang tergabung dalam kedua konsorsium ini, seperti Samsung, Panasonic, dan Toshiba.
Meski teknologi WiGig memiliki kecepatan di atas WiFi, namun WiGig juga akan kompatibel dengan perangkat-perangkat yang menggunakan WiFi dan juga jaringan wireless lainnya. Namun, untuk mendapatkan kecepatan maksimal WiGig, akan sangat efektif jika Anda menggunakannya dalam jangkauan 100 meter. Dengan begitu, teknologi ini sangat cocok digunakan untuk konsumen perumahan. Namun sayang, teknologi WiGig sepertinya belum dapat dinikmati untuk konsumen Indonesia dalam waktu dekat. Namun tidak ada salahnya jika Anda bersiap menyambut kehadiran teknologi transfer data nirkabel yang super cepat.

 

WiGig dan IEEE 802.11ad

IEEE 802.11ad adalah sebuah perubahan atau evolusi dari standar 802.11 yang mampu berkomunikasi nirkabel dengan kecepatan multi-gigabit di frekuensi 60 Ghz. Spesifikasi WiGig ini telah berkontribusi untuk proses standarisasi 802.11ad, dan telah ditetapkan pada bulan Mei 2010 sebagai basis untuk draf standar 802.11ad.

Pancaran Gelombang

WiGig Penggunaan Frekuensi 60 Ghz menghasilkan komunikasi yang sangat cepat, tapi saat ini juga menghasilkan tantangan yaitu bahwa kehilangan propagasi(gelombang)-nya lebih besar daripada di frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz.
Teknologi WiGig tersebut mampu menghadapi tantangan ini dengan menggunakan pancaran gelombang adaptif, sebuah teknik yang sanggup mewujudkan komunikasi multi-gigabit yang kuat pada jangkauan yang lebih jauh dari 10 meter.
Pancaran gelombang WiGig menggunakan antena-antena direksional (terarah) untuk mengurangi gangguan interferensi gelombang radio dan memfokuskan sinyal antara dua perangkat ke dalam suatu "sorotan gelombang" yang terkonsentrasi. Hal ini mampu mengalirkan transmisi data yang lebih cepat melampaui jarak yang lebih jauh.
Dukungan untuk pancaran gelombang pada WiGig diatur dalam spesifikasi PHY dan MAC layernya. Selama pancaran gelombang berlangsung, dua perangkat menghasilkan komunikasi dan kemudian saling mengatur setup antena masing-masing untuk memperbaiki kualitas arah pancaran.
Kunci keuntungan lain di WiGig adalah jika sebuah penghalang menghadang jalur pancaran gelombang (LOS-line of sight) antara dua perangkat-misal seorang berjalan diantara kedua perangkat tersebut- kedua perangkat mampu dengan cepat menciptakan jalur komunikasi baru yang digunakan, sebagai contoh, pancaran gelombang yang dipantulkan dari dinding, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg