Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu yang banyak di Cari oleh masyarakat, terutama dewasa ini ketika berkembang pesatnya teknologi saat ini di mana Informasi akan sangat dengan cepat sekali sampai kepada seseorang walaupun orang tersebut berada sangat Jauh sekali pun dari Daerah tertentu, Buah Mengkudu yang memiliki nama latin Marinda citrifolia, Linn yang merupakan keluarga tanaman dari Rubiaceae ini, Di perkirakan tanaman Buah ini berasal dari Asia tenggara dimana Pohon Mengkudu ini mampu tumbuh didataran rendah hingga ketinggian mencapai 1500 m dari permukaan laut, batang pohon mengkudu dapat mencapai 3-8 meter, memiliki bunga berbongol dan berwarna putih, buah mengkudu merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau mengkilap serta memiliki bintik-bintik atau totol-totol, dan saat sudah tua berwarna putih dan berbintik bintik hitam.

Klasifikasi ilmuah buah mengkudu

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi              : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        : Asteridae Ordo: Rubiales
Famili              : Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus              : Morinda
Spesies             : Morinda citrifolia L.
Manfaat dan khasiat buah mengkuduBuah mengkudu sudah sejak lama dipercaya dan terbukti mampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak heran kalau nenek moyang kita menggunakan buah mengkudu. Bukan hanya buahnya saja yang bisa dijadikan obat, daun, batang dan akar dari tanaman mengkudu punya khasiat tersendiri. Mengkudu tinggi akan antioksidan dan enzim. Buah ini juga dipercaya sebagai buah pembangkit energi. Selain antioksidan, mengkudu juga kaya akan senyawa selenium, xeronine, glikosida, scopoletin, terpine, limonene, dan antrakuinon.
Berikut ini beberapa manfaat tentang buah mengkudu yang kita dapatkan dari berbagai ahli kesehatan, diantaranaya:

1. Anti kanker.

Buah mengkudu sangat ampuh untuk mengatasi atau mencegah datangnya kanker, yang bisa melindungi tubuh kita mengkudu terdapat kandungan zat yang sangat baik untuk badan kita.

2. Bisa menurunkan diabetes.

Dalam beebagai resep obat buah menkudu telah diteliti oleh para ahli kesehatan, Terbukti bisa mengobati penyakit jantung,stroke,diabetes,kebutaan dan kegagalan organ, buah ini telah digunakan untuk mengobati diabetes dan khasiatnya sngat ampuh 26 juta di america mengalami diabetes dan bisa diatasi dengan obat alami.

3. Kekebalan tubuh.

Dalam penelitin ahli kesehatan di laboratirium buah yang banyak mengandung protein. Dan bersifat sebagai antioksidan telah di gunakan untuk tujuan pengobatan serta untuk kemampuannya untuk melawan tumor dan mengobati diabetes.

4. Menurunkan gula darah.

Dalam menjaga dan mencegah sebaiknya kita memakan makanan yang bernutrsi seprti buah-buahan seperti mengkudu yang kaya vitamin dan protein karena mengkudu dikenal sebagai triterpen dan saponin.

5. Mencegah katarak.

Katarak disebabkan karena naiknya gula darah yang bisa menyebakan rusaknya mata atau katarak yang dapat membengkak kan sel-sel selaput mata menjadi pengliatan berkurang konsumsilah buah mengkudu terbukti bisa menjaga pengliatan lensa mata yang jelas.

6.Bisa mengatasi penyakit jantung.

Orang terkena penyakit jantung di karenakan pola makannya tidak di seimbangi dengan makanan yang mengandung nutrisi. Jadi penyumbatan pada nadi korener, yang di sebabkan endapan kolestrol atau lemak, Yang tidak teraturnya suplai darah ke jantung, yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit jantung.
Kita harus mengimbangi makanan dengan makanan yang bernutrisi seperti buah-buahan yang banyak mengandung serat terutama buah mengkudu bisa mengatasi penyakit jantung jadi konsumsilah buah mengkudu dan di barengi dengan berolahraga.

7. Anti tumor.

Buah mengkudu merangsang banyak kandungan yang bisa memproduksi oksida nitrat. Oksida nitrat adalah zat yang sangat berguna, salah satu yang di dasari dari banyak manfaat buah menkudu. Dalam kasus ini, mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh Anda melawan kanker replikasi sel.
Dalam kasus kanker yang sudah hadir, mengkudu dan tanaman lainnya dengan amonts tinggi akan memperlambat atau menghentikan proses kanker.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa satu jenis tumbuhan seperti Mengkudu, dapat menyembuhkan begitu banyak jenis penyakit? Riset ilmiah menunjukkan bahwa konstituen-konstituen di dalam buah Mengkudu memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg