Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing Sebagai Obat

Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Kumis Kucing Sebagai Obat

Apa itu kumis kucing ? Kumis kucing atau remujung merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: songot koneng (Madura), kidney tea plants atau java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), dan remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Australia dan Asia. Simak dibawah ini mengenai Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan.
Tanaman ini memiliki banyak khasiat diantaranya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daunnya mengandung kalium (boorsma) dan  glikosida orthosiphonin di yakini dapat melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari body.Especially dari empedu, ginjal dan kandung kemih.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kumis kucing

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Super Divisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Lamiales
Manfaat dan Khasiat tumbuhan kumis kucingFamili : Lamiaceae
Genus : Orthosiphon
Spesies : Orthosiphon aristatus

Anda tentu semua mengenal tanaman kumis kucing ini karnea keampuhan untuk berbagai obat atau sebagai pengobatan yang alternative sudah di buktikan di berbagai Negara khususnya Negara kita indonesia Adapun manfaat dan cara-cara pembuatan ramuan alami dari kumis kucing adalah sebagai berikut:
1. Kumis kucing Bermanfaat Sebagai Obat Herbal Kencing batu
Cara pembuatan Obatnya: Siapkan sekitar 90g daun kumis kucing dan bersihkan hingga benar-benar bersih, rebus daun kumis kucing dengan air 1 liter, dan biarkan air rebusan hanya tersisa kurang lebih 750 cc. angkat dan dinginkan, minum air rebusan tadi 3 kali sehari ( 750/3 kali minum), lakukan cara ini hingga penyakit anda sembuh.

2. Manfaat kumis kucing obat Herbal Masuk angin
Cara pembuatan Obatnya: siapakn sekitar satu sendok daun dari kumis kucing lalu rebuslah dengan menggunakan 1 gelas air, diamkan hingga ar rebusan tinggal setengah gelas saja. Minumlah air rebusa setelah dingin sekaligus.

3. Bermanfaat Sebagai obat Herbal Peluruh kencing
Cara pembuatan Obatnya: siapkan Daun kumis kucing yang masih segar sekitar 1/4 genggam, kemudian rebuslah daun dengan segelas air bersih. Biarkan mendidih hingga hanya tersisa 1/2 gelas saja. Lalu Angkat dan dinginkan air rebusan. Minumlah air rebusan dua kali dalam sehari, catatan: perminum hanya setengah gelas.
Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan tubuh kita semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg