Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya Untuk kesehatan

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya Untuk kesehatan

Buah pepaya mempunyai banyak sekali khasiat namun sayangnya manfaat buah pepaya untuk kesehatan ini jarang diketahui masyarakat. Apakah anda suka mengkonsumsi buah pepaya ? Tahukan anda bahwa dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin secara tidak langsung anda sudah merawat kesehatan rambut anda. Selain itu anda juga bisa terhindar dari sembelit, karena pepaya juga mempunyai manfaat melancarkan pencernaan.

Klasifikasi Ilmiah Buah Pepaya

Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi   : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi             : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas              : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas       : Dilleniidae
Ordo               : Violales
Famili             : Caricaceae
Genus             : Carica
Spesies           : Carica papaya L.

manfaat dan khasiat buah pepaya Khasiat Buah Pepaya

Meski buah pepaya termasuk buah yang murah dan mudah didapat, namun jangan pernah memandang remeh soal khasiatnya. Sejak dulu, buah pepaya dipercaya memberikan banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan.
Namun, sebelumnya anda harus tahu lebih dulu apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya ini:
  • Vitamin A (1.750 IU)
  • Vitamin B ( 0.03 mg)
  • Riboflavin (0.04 mg)
  • Niacin (0.3 mg)
  • Vitamin C (56 mg)
  • Kalsium (20 mg)
  • Zat Besi (0.3 mg)
  • Fosfor (16 mg)
  • Kalium (470 mg)
  • Lemak (0.1 gr)
  • Karbohidrat (10 gr)
  • Protein (0.6 gr)
Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, buah pepaya menjadi buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khsiat kesehatan dari buah pepaya untuk tubuh manusia.
  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
    Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.
  2. Mencegah Flu
    Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker.
  3. Menjaga Kesehatan Ginjal
    Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.
  4. Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Rambut
    Kulit kepala dan rambut yang sehat tentu adalah dambaan setiap orang seperti saya misalnya. Tidak usah beli bahan yang mahal-mahal untuk memiliki rambut yang sehat. Manfaatkan saja buah pepaya. Menurut penelitian makan buah pepaya dengan teratur dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga bisa mengendalikan munculnya di ketombe penyakit rambut banyak orang.
  5. Manfaat Buah Pepaya Untuk Mengusir Racun Tubuh
    Tahu nggak, bahwa apa yang kita makan setiap hari bisa menjadi racun bagi tubuh anda? Bahaya khan. Racun kok dimakan. Tapi jangan khawatir, karena ada solusi untuk dapat mengusir racun-racun tersebut. Tiada lain buah pepaya itu sendiri sebagai pengusir racun. Buah pepaya adalah merupakan bagian solusi detoksifikasi yang sangat ampuh. Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dapat menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh.
  6. Mencegah Penuaan Dini
    Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.
  7. Kesehatan Kulit
    Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.
Masih banyak manfaat buah pepaya yang lainnya. Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat tapi juga daunnya. Daun pepaya bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah dengan cara membuatnya menjadi masker.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg