Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan memang sangat banyak namun sayangnya manfaat dan khasiat buah sirsak ini jarang diketahui. Sebenarnya pohon sirsak merupakan tanaman yang berasal dari amerika tengah dan selatan. Namun kini sudah menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan sudah dipercaya dan terbukti ampuh mengobati berbagai penyakit. Diantaranya yakni mengobati ambeien dan juga diare pada bayi.
Pohon buah sirsak yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan ini bisa tumbuh sampai 9 meter. Sebenarnya pohon ini bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000m diatas permukaan laut. Namun meskipun demikian, ternyata pohon sirsak juga tetap bisa tumbuh dan berbuah didataran rendah

Klasifikasi ilmiah buah sirsak

Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi   : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi             : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas              : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas       : Magnoliidae
Ordo               : Magnoliales
Famili             : Annonaceae
Genus             : Annona Spesies: Annona muricata L.
Sirsak (Annona muricat L) memiliki daging buah yang tebal dan banyak mengandung serat vitamin C alami yang cukup tinggi. Zat antioksidan di dalam buah sirsak pun cukup tinggi. Tidak hanya buah, daun sirsak pun ternyata memiliki kemampuan dahsyat untuk menyembuhkan kanker. Bahkan, setara dengan efek kemoterpi. Jika kemoterapi masi bisa membunuh sel-sel sehat, rebusan air daun sirsak hanya membunuh sel-sel kanker atau sel-sel yang abnormal.

manfaaat dan khasiat baug sirsak Manfaat buah Sirsak Untuk Kesehatan

Dari berbagai penelitian telah dipastikan bahwa khasiat buah sirsak ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Mampu memperbaiki sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh kita. Buah sirsak mampu membantu tubuh kita agar terhindar berbagai macam penyakit. Selain itu akan membuat tubuh kita terlihat lebih fit dan prima.
  2. Mampu membantu untuk memperlambat penuaan dini. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah sirsak ini merupakan antioksidan alami yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita dan juga memperlambat penuaan yang terjadi secara dini.
  3. Sebagai obat kanker alami. Memang buah sirsak ini sangat membantu menyembuhkan penyakit kanker secara alami. Untuk mengkonsumsinya anda bisa membuatnya menjadi jus sirsak segar, ini bisa menjadi langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit kanker. Dan bagi yang sudah terkena kanker, untuk penyembuhan bisa meminum air rebusan daun sirsak.
  4. Sebagai obat ambeien. Untuk langkah pengobatan bisa dengan meminum air buah sirsak yang sudah matang/ masak sebanyak 1 gelas. Sebaiknya diminum sehari 2 kali setiap pagi dan sore hari.
  5. Menyembuhkan sakit kandung air seni. Untuk langkah penyembuhan ini, carilah buah sirsak yang setengah matang/ masak. Kemudian di buat kolak dengan dicampurkan gula dan garam secukupnya. Diminum secara teratur setiap hari selama 7 hari/ seminggu selama berturut – turut.
  6. Mengobati penyakit liver. Sebagai langkah penyembuhan anda bisa melakukan puasa makanan selain buah sirsak. Hanya meminum jus sirsak saja selama 7 hari/ seminggu penuh secara teratur.
  7. Mengobati eksim dan reumatik. Bagi anda penderita eksim dan reumatik bisa memanfaatkan daun sirsak dari buah sirsak ini dengan cara menumbuknya hingga halus dan kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak

Kandungan annonaceous acetogenins dalam daun sirsak yang merupakan senyawa antitumor dan kanker yang berkerja dengan hebat tanpa merusak sel yang sehat adalah awal mula daun sirsak digunakan sebagai pengobatan alternatif penyembuhan kanker. Kandungan antitumor, antibakteri, anti jamurnya efektif untuk mengatasi masalah cacingan atau parasit, hipertensi, depresi atau setres, dan menormalkan syaraf yang tertekan.
Cara tradisional mengonsumsi daun sirsak adalah dengan merebusnya menggunakan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, kemudian diminum 2 sampai 3 kali sehari. Daun yang digunakan adalah daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua. Cara kerja ramuan daun sirsak di dalam tubuh mirip kemoterapi, yaitu menimbulkan efek panas, namun ini terjadi pada beberapa orang saja. Tidak semuanya merasakan efek yang sama. Khasiat daun sirsak ini biasanya mulai terasa setelah mengonsumsi selama 2 minggu.

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg