Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Manfaat dan Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah naga untuk kesehatan kita. Tuhan menciptakan banyak tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh seperti buah naga. Sebelum kita membahas manfaat buah naga untuk kesehatan alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu seperti apa sih buah nagaitu?
Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. buah ini aslinya berasal dari Amerika Latin yang kemudian menyebar ke Israel, Australia, Cina, dan negara Asia Timur lainnya, Srilanka, dan akhirnya Asia Tenggara.
Buah naga berasal dari beberapa jenis kaktus, antara lain:
  • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
  • Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.
manfaat dan khasiat buah naga untuk kesehatan

Kandungan dan Manfaat Buah Naga

Kandungan nutrisi dan gizi buah naga sangat baik sekali untuk kita sehingga mengapa buah naga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaha kesehatan tubuh sehari-hari. Kandungan dalam buah naga juga dapat mencegah berbagai macam gangguan kesehatan mulai dari penyakit ringan hingga beberapa penyakit berat.
Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.
Berikut adalah manfaat Buah Naga bagi kesehatan yaitu:
  1. Mencegah Kanker
    Antioksidan yang terkandung dalam buah naga mampu mencegah penyakit kanker. Caranya ambilah 500 grm buah naga, kemudian diblender sampai halus dan minumlah setiap hari.
  2. Menjaga Kesehatan jantung
    Selain berolahraga mengonsumsi buah naga juga membantu menjaga kesehatan jantung kita. Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam buah naga mampu menjaga kesehatan jantung kita.
  3. Mencegah Diabetes Melitus
    Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan bisa berakibat terkena diabetes melitus. Maka dari itu, untuk menjaga terkena penyakit tersebut selain mengatur hidup sehat dan pola makan usahakan mengonsumsi buah naga. Karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
  4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Buah naga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan Vitamin c tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.
  5. Kesehatan Kulit
    Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh. Ternyata buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C didalamnya tak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga dapat menjaga kesehatan kulit serta dapat menghilangkan jerawat. 
  6. Kesehatan Tulang Dan Gigi
    Kandungan fosfor dan kalsuim dalam buah naga sangat berkhasiaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi buah naga pada anak sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
  7. Mencegah Penuaan Dini
    Antioksidan dalam buah naga tak hanya baik untuk mencegah kanker. Tetapi juga dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan zat dalam buah naga sangat efektif untuk membuang racun dalam tubuh.
  8. Penambah Nafsu Makan
    Bagi mereka yang nafsu untuk makan, buah naga dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan nafsu makan. Kandungan vitamin B1 dan B2 sangat berpengaruh untuk meningkatkan kembali nafsu makan.
Berbagai manfaat buah naga yang beragam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meski begitu konsumsi buah naga yang berlebihan dan belum makan tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan perut kembung dan terasa sakit.

55EUFC94B7V4

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg