Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Beberapa Penyedia Jasa Cloud Storage Gratis

Beberapa Penyedia Jasa Cloud Storage Gratis

Di era digital ini, data merupakan aset yang paling penting bagi seseorang. Sehingga tidaklah heran, jika penyimpanan data (data storage) sering menjadi salah satu faktor yang menentukan mahal murahnya harga sebuah smartphone. Keterbatasan data pada sebuah smartphone juga kerap menjadi masalah yang membuat pusing para pemilik smartphone terutama bagi mereka yang sangat mobile dalam mengolah dan membagikan informasi.
Smartphone dengan penyimpanan data yang besar menjadi alternatif menarik bagi para pengguna smartphone di ibukota sekarang. Selain, data yang dapat dibawa kemana-mana, data juga bisa langsung dapat dibuka apabila kita menggunakan smartphone. Banyak smartphone terbaru menawarkan kapasitas data yang cukup besar, namun hal itu biasanya dibarengi dengan harga yang makin mahal.
Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah Cloud storage yang merupakan penyimpanan data online dengan menggunakan server multiple, sehingga Anda dapat menyimpan dan melakukan sharing data secara mudah. Dengan menggunakan cloud storage pada smartphone, kita dapat mengakses data yang kita simpan dalam ‘cloud’ dimana saja dan kapan saja.
Penyedia Jasa Cloud Storage
Image dari getmesoftware.com
Komputasi awan menjadi buah bibir di dunia IT beberapa tahun belakangan ini semenjak hadirnya Dropbox yang memperkenalkan fitur Desktop Sync Clients yang mana proses sinkronisasi data secara otomatis melalui folder khusus Dropbox di dalam desktop.
Pemain-pemain besar dunia IT tidak kalah berinovasi, Apple hadir dengan iCloudnya dan menampilkan video presentasi yang membuat decak kagum tidak hanya dari kalangan fanboy Apple tetapi juga kepada khalayak banyak. Pemain besar dunia IT lainnya seperti: Google, Microsoft hingga Amazon turut andil memperkenalkan produk terbaru mereka di dalam peta persaingan komputasi awan. Berikut saya me-review layanan-layanan komputasi awan yang gratis dan sangat berguna dalam mendukung kerja anda.
  1. Dropbox
    menyediakan 2GB penyimpanan gratis yang bisa diupgrade dengan biaya tambahan, Dropbox juga kini mulai digunakan sebagai penarik minat pembeli smartphone dengan sistem operasi android oleh vendor dengan menyertakan Dropbox gratis dari 25GB hingga 50GB limited time offers.
  2. Box
    Boxdibekali penyimpanan gratis 5GB, Box menyaingi Dropbox yang juga dipakai oleh para vendor dalam smartphone android flagshipnya dengan kapasitas 50GB free limited time offers. 
  3. SugarSync
    SugarSync merupakan layanan komputasi awan lainnya yang cukup popular dan menjadi alternatif pilihan selain Dropbox. Dengan fitur utama yang sama seperti Dropbox dan lainnya yaitu Desktop Sync Clients, SugarSync lebih memberi keleluasaan dengan bebas menentukan folder mana yang akan disinkronisasikan. SugarSync sangat menjamin proteksi dan keamanan data-data kita melalui sistem pengiriman file yang menggunakan enkripsi TLS (SSL 3.3). Selain itu juga SugarSync juga menyediakan layanannya ke lebih banyak platform mobile yaitu: iOS, Android, BlackBerry, WindowsMobile dan Symbian. Dengan mendaftar gratis, kita dapat memperoleh 5 GB data storage di SugarSync dengan bonus mp3 gratis. SugarSync juga memberikan kesempatan 30-day free trial untuk kapasitas tambahan hingga 100 GB.
  4. Google Drive
    cloud storage yang diluncurkan Google ini memberikan 5 GB penyimpanan data gratis untuk free account yang bisa diupgrade, Drive juga bisa langsung diakses dari halaman Google yang berarti bisa langsung terhubung dengan G+ dan GMail.
  5. Microsoft Skydrive
    merupakan bagian dari Windows Live, SkyDrive memberikan 7 GB data storage gratis untuk penggunanya dan exclusive untuk smartphone Windows Phone Microsoft yang biasanya tersedia 25GB. Microsoft SkyDrive tidak hanya dikembangkan didalam platform Windows dan WindowsMobile saja tetapi juga mendukung platform OSX dan iOS.
  6. CloudPlayer.me
    Pencinta musik tidak lagi harus hitung-hitungan dengan musik yang disimpan di smartphone karena aplikasi ini menyediakan akses ke musik yang disimpan dalam Cloud. Selainitu, app ini dapat melakukan streaming koleksi musik dan juga playlist dari Cloud, fitur Cloudplayer juga bisa menyarankan tren musik terbaru dengan komunitas Cloud Player. Koleksi lagu juga diupdate secara langsung, agar tidak ketinggalan musik terbaru dan populer dari seluruh dunia. 
  7. Apple iCloud
    penyimpanan data cloud computing dari Apple yang exclusive untuk perangkat iDevice dan Mac nya menyediakan data free 2GB. Walaupun layanan iCloud sudah dibuka untuk umum, hingga saat ini hanya di platform Windows yang disediakan. Untuk menggunakan iCloud di Windows, membutuhkan OS Windows Vista Service Pack 2 atau Windows Seven 
  8. Mediafire Storage
    Online Hosting Mediafire yang bisa diakses dari akun pribadi dan guest tersedia 50GB free usage yang bisa diupgrade hingga 1000GB.
  9. 4Shared
    File Sharing populer yang kini hanya bisa diakses oleh member ini menyediakan 15GB free storage yang bisa diakses khusus member yang terdaftar.
  10. Asus WebStorage
    Cloud Storage dari Asus yang tersedia exclusive untuk pengguna perangkat Asus, WebStorage mulai terkenal setelah Asus merilis perangkat hibrida Asus EEEPad Transformer yang tersedia WebStorage yang bisa diakses tanpa batas dengan limited time offers, kini perangkat2 Asus pun disediakan WebStorage hingga 32GB dan Unlimited dengan limited time offers. Tersedia pula free storage 2GB bagi user lain.
  11. Lenovo
    Cloud Storage Lenovo pula ikut bermain dalam Cloud Storage dan semakin dikenal seiring hadirnya Lenovo ThinkPad Tablet, Tablet bisnis yang serius dari Lenovo, tersedia 2GB user availeable
  12. Hotfile
    situs penyedia Cloud Storage ini menyediakan penyimpanan data tidak terbatas bagi pengguna dengan akun gratis maupun berbayar, yang membedakan adalah maximal data yang dapat ditampung adalah 400MB per file untuk gratis dan harus menunggu 30 menit setelah mendownload 1 file juga akun akan dihapus setelah 90 hari tidak aktif.
  13. Cloudme
    Cloud Storage dari Cloudme yang dulunya bernama iCloud yang menyediakan 3GB dan 500MB per orang hingga 18GB untuk free account.
  14. ADrive
    Penyedia Cloud Storage dengan kapasitas penyimpanan 50GB (14 days free trial) dan 50GB-10TB untuk paid account.
  15. Amazon Cloud Drive
    tidak hanya menjadi saingan berat bagi Google di bidang penyedia aplikasi, Amazon pun menjadi saingan berat bagi semua pihak dengan hadirnya Cloud Drive yang menyediakan 5GB free account storage tanpa kadaluarsa.
Nah bagi kalian yang menginginkan penyedia Cloud Storage manapun, penyedia2 di atas bisa menjadi pilihan dan tentunya masih banyak pula yang menyediakan Cloud Storage tinggal kalian pilih manapun yang paling enak untuk digunakan

Lihat juga : Mengenal Cloud Storage Teknologi Penyimpanan Digital Masa Kini

share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg