Blog tentangseo, berbagi infomasi, berbagi ilmu

Cara Kalibrasi Baterai Laptop atau Notebok

Cara Kalibrasi Baterai Laptop atau Notebok

Tentangseo.net - Kalibrasi baterai laptop,mungkin suatu hal yang asing bagi orang yang awam tentang komputer. Pernahkah anda sedang menggunakan laptop, tiba-tiba laptop mati sendiri sedangkan indikator baterai belum mencapai 10% atau lebih kecil.
Tentu pengalaman ini sangat tidak menyenangkan, apalagi sedang mengerjakan tugas penting dan belum di simpan. Pasti langsung marah karena harus mengulang kerjaan kembali. Kalau pernah mengalami hal yang seperti ini jangan terburu- buru menganti baterai nya. Ada cara untuk mengetahui apakah baterai masih bagus atau rusak. 
Jadi kalibrasi berfungsi untukmengembalikan settingan indikator baterai lpatop agar sesusai dengan daya baterai laptop, diaman setalah melakuka kalibrasi laptop diharapkan level idikator baerai laptop yang muncul lebih tepat dan akurat. 
Biasanya hal ini terjadi karena kita terlalu sering menggunakan adapter laptop sampai dalam waktu bulanan walaupun bateray laptop sudah full. Hal ini menyebabkan baterai laptop tidak benar-benar terisi penuh dan akibatnya cel-cel yang ada dalam baterai dayanya jadi semangkin lemah. Tegangan yang terdeteksi laptop tidak sama dengan daya yang terdapat di baterai. Di laptop masih bisa di pakai selama 3 jam tetapi dalam 1 jam saja sudah mati. 
kaliberasi baterai laptop atau notebok

Untuk melukan kaliberasi baterai laptop ada beberapa cara, diantaranya adalah dengan cara manual sebagai berikut. 
  1. Pertama setting power option ->pilih balance ->change planetting. Kemudian rubah lah pengaturan turn of the display dan computer sleep dengan pilih “never” semua 
  2. Kedua isi ulang baterai laptop sampai penuh, biasanya di tandai dengan lampu indikator hijau atau biru, tergantung merek laptop dan pada isi ulang ini laptop harus dalam keadaan hidup. 
  3. Ketiga, jika daya baterai laptop sudah penuh, cabut alt pengisi daya dari laptop dan biarkan laptop dalam kedaan hidup sampai daya baterai habis. Dalam langkah ini laptop jangan digunakan. 
  4. Keempat, setelah laptop mati kehabisan baterai ,biarkan laptop mati sebentar karena da kemungkinan panas pada baterai. Selanjutnya isi ulang baerai laptop dalam ke adaan mati sampai penuh. 

Selamat baterai laptop anda sudah terkalibrasi semoga tahan lama..


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg